Mencairkan BPJS Di Bank, Alternatif Pencairan Selain Online



Mencairkan BPJS Di Bank – Ini adalah pengalamanku mencairkan BPJS Ketenagakerjaan. Waktu itu tanggal 07-11-2017 jam 07.30 pagi, saya berangkat ke Bank BJB Balaraja dengan perkiraan waktu 25 menit sampai ke tempat tujuan dan semoga mendapatkan antrian no 1 atau setidaknya dibawah no 5. Aihh jalan macet ternyata semalam abis ujan, sampai Bank BJB lebih jam 08.05 menitan dan antrian Customer Service sudah sampe angka 9 dan saya dapat antrian no 10.

Ketika datang satpam menanyakan maksud kedatanganya ke Bank BJB dan saya jawab untuk melakukan pendaftaran pencairan atau klaim BPJS Ketenagakerjaan. Pak satpam memberikan form klaim BPJS Ketenagakerjaan dan menanyakan apakah sudah punya maps warna merah atau belum? aduhh mana kutahu….. saya pun keluar mencari tempat fotocopy, tambah repot malah karena saya tidak tahu sebelumnya apa aja syaratnya. Ini adalah dokumen-dokumen atau surat yang perlu dibawa jika ingin mencairkan di Bank BJB.

 

SYARAT MENCAIRKAN BPJS DI BANK

  1. Bawa Stopmap warna merah atau biru.
  2. KTP / Surat Domisili Asli dan Fotocopy (Jika anda mempunyai KTP luar daerah buatlah dulu surat keterangan Domisi ke kelurahan).
  3. Kartu BPJS Ketenagakerjaan / Jamsostek Asli dan Fotocopy.
  4. Kartu Keluarga Asli dan Fotocopy.
  5. Surat Pengalaman Kerja / Paklaring Asli dan Fotocopy
  6. Jika anda berhenti kerja setelah tanggal 15 September 2015 maka anda harus mempunyai surat keterangan dari DISNAKER Asli dan Fotocopy.
  7. Buku Tabungan Asli dan Fotocopy (Jika belum punya tabungan maka wajib membuat buku tabungan).
  8. Materai 6.000 dua lembar, jika tidak ada bisa beli disana.
Form Mencairkan BPJS Di Bank
Form Mencairkan BPJS Di Bank
Sambil menunggu antrian saya mengisi form pengajuan pencairan BPJS Ketenagakerjaan. Antrian pengajuan klaim BPJS di bank BJB ternyata lumayan banyak lho dari 10 antrian kurang lebih 8 orang mencairkan BPJS Ketenagakerjaan / Jamsostek. Lama sekali menunggu antrian no 10, bayangkan antrian no 10 aja sampe jam 10:45 siang, bagaiman kalau saya datang ke Bank BJB jam 9. sampai sore kyaknya :).
Oke sekarang saatnya proses di customer service, Serahkan semua dokumen yang sudah saya sebutkan tadi diatas asli dan fotocopy. Customer service akan melakukan pengecekan berkas-berkas dengan sistem komputer yang terhubung dengan data BPJS. Jika ada berkas yang kurang atau ada kesalahan data akan langsung diberitahukan oleh customer service bahwa ada kesalahan. Kita diharuskan melaukan pembetulan terlebih dahulu ke kantor BPJS Terdekat.

      Nahh sekedar informasi jika anda mencairkan BPJS di Bank BJB maka anda wajib mengikuti program BPU BPJS Ketenagakerjaan. Apa itu program BPU???
Pekerja Bukan Penerima Upah (BPU) adalah pekerja yang melakukan kegiatan atau usaha ekonomi secara mandiri untuk memperoleh penghasilan dari kegiatan atau usahanya tersebut yang meliputi : Pemberi Kerja; Pekerja di luar hubungan kerja atau Pekerja mandiri dan Pekerja yang tidak termasuk pekerja di luar hubungan kerja yang bukan menerima Upah, contoh Tukang Ojek, Supir Angkot, Pedagang Keliling, Dokter, Pengacara/Advokat, Artis, dan lain-lain.

Menurut dari customer service program BPU diumpamakan seperti kartu SIM prabayar pada Handphone dengan masa aktif selama 6 bulan. Jadi jika setiap 6 bulan kita bayar BPJS BPU maka kartu BPJS tersebut aktif dan jika setelah 6 bulan dari pembayaran kita tidak melakukan pembayaran lagi maka kartu BPU tersebut tidak aktif lagi. Untuk mengaktikan kembali kartu BPJS BPU yaitu dengan cara melakukan pembayaran kembali atau kata lainya di isi ulang. Untuk lebihnya tentang program BPJS BPU silahkan klik link dibawah ini.

Jika semua proses di customer service sudah selesai maka anda akan mendapatkan sebuah tanda terima dari Bank BJB, Contohnya seperti dibawah ini. Untuk  pencairan kurang kurang lebih 7 hari kerja dan hari sabtu atau minggu tidak dihitung,pulanglah saya semoga tidak ada masalah dalam pencairan BPJS Ketenagakerjaan.

Setelah 7 hari kerja saya cek kok tidak ada transferan ke dari BPJS, saya abaikan mungkin karena banyak yang mengajukan klain kemungkinan mundur minggu depan. Pulang kampunglah saya dulu mumpung ada kesempatan libur, sampai kampung pun saya cek ternyata belum ada transferan juga. Saya masih berpikiran bahwa yang mengajukan banyak dan masih dalam antrian jadi sabar saja. Setelah saya balik dari kampung saya cek juga masih belum ada transferan terhitung sudah 2 minggu sudah dari pengajuan klaim. Saya mencoba melakukan konfirmasi ke bank BJB Balaraja melalui telpon semoga ada informasi yang jelas, tapi ternyata kata petugasnya kita hanya menerima dokumen dan menyetorkan dokumen ke Kator BPJS.

BACA JUGA :
Ayo Segera Cek Data Kartu BPJS TK / Jamsostek Anda, Jangan Sampai Ada Kesalahan Data.

Bank BJB tidak bisa mengecek atau mengetahui sampai mana prosesnya dan saya disarankan untuk melaukan pengecekan manual ke kantor BPSJ Ketenagakerjaan. Kemudian saya mecoba kembali melakukan pengecekan dengan menelpon ke Call Center BPJS di 1500910 dan menanyakan status pengajuan klaim saya sudah sampai mana, tapi ternyata petugas Call Center BPJS juga tidak bisa melakukan pengecekan karena saya pengajuan klaimnya secara manual melalui bank dan disarankan untuk melakukan pengecekan manual ke kantor Bank BPJS terdekat. Dalam kasus saya Bank BJB Cabang Balaraja bekerjasama dengan Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Cikupa.

Okelahh daripada status saya digantung dan tidak ada kejelasajan maka sayapun mendatangani Kantor BPJS Ketenagakerjaan. Jam 8:30 saya sampe di kantor BPJS Cikupa, langsung masuk dan menceritakan kepada satpam yang bertugas di dalam kantor bahwa pengajuan klaim saya belum cair, saya dikasih antrain nomer dan dapat no 10 sedang berjalan no 5.

 Untuk masalah antrian di BPJS Ketenagakerjaan termasuk cepat, jam 9:15an antrian saya dipanggil, saya serahkan bukti penerimaan dari Bank BPJS bahwa klaim belum cair ke petugasnya. Petugas menanyakan terlebih dokumen saya terlebih dahulu KTP Asli, KK Asli dan petugas menayakan juga apakah tidak ada sms pemberitahuan dari BPJS, Saya jawab tidak ada karena memang tidak ada SMS pemberitahuan bahwa berkas saya bermasalah.

Petugas kemudian mencari berkas saya dan memberitahukan bahwa ada berkas yang kurang yaitu paklaring ditempat kerja pertama saya di PT YMMI. Jadi saya pernah bekerja di PT Yamaha Motor Manufacturing Indonesia dan PT Fosta Unggul Perdana selama. Oleh customer service Bank BJB saya cuma dimintakan paklaring terakhir saya yaitu hanya di PT Fosta Unggul Perdana. Petugas BPJS meminta paklaring asli dan fotocopynya. setelah itu saya dikasih semacan print out saldo akhir BPJS saya yang akan di cairkan dan disuruh menunggu 7 hari kerja.
Mencairkan BPJS Di Bank
Print Out Saldo BPJS
Hati tenang sudah semoga tidak ada masalah lagi sehingga uang BPJS cepat cair dan benar saja cuma 3 hari kerja saldo BPJS saya langsung cair dan masuk ke rekening Bank BJB saya. berdasarkan pengalaman saya ini dapat disimpulkan bahwa :

Bank – Bank yang melayani pencairan atau klaim BPJS Ketenagakerjaan fungsinya hanya menerima dokumen, melakukan pengecekan apakah dokumenya lengkap, menyetorkan dokumen ke BPJS yang bekerjasama dengan Bank tersebut dan Bank hanya menerima pencairan dana dari BPJS ke rekening nasabahnya. Jika ada kekurangan atau masalah kita tetap harus melakukan pengecekan manual ke kantor BPJS. 

Semoga tulisan saya ini membantu, silahkan share atau bagikan pengalaman anda yang sudah pernah mencairkan BPJS Ketenagakerjaan baik yang secara online, melalui bank, pencairan secara offline / manual dengan datang lansung ke kantor BPJS terdekat.

Related Posts

41 comments

  1. Hemmm... Kalau gitu jadi kaya 2x kerja yah mas,dan tidak semua bank faham tentang hal2 yg berkaitan dengan ketenagajerjaan...mending langsung ke Kantor Bpjs Ketenagakerjaannya. Saya akan memberikan contoh. Yg sering bikin saya jengkel terhadap bank yg menerima berkas pencairan JHT.
    -Beberapa karyawan sy yg sudah reaign yg lebih memilih mencairkan JHT di bank yg ditunjuk/kerjasama dgn bpjsTK.
    Sebagai contoh.karyawan masuk kerja diperusahaan 1januari 2015 kemudian setiap perusahaan punya kebijakan yg berbeda,misalkan mendaftarkan karyawannya setelah bekerja selama 3bln,jadi didaftarkan di bulan/awal april 2015 donk...!!! Setelah si karyawan tsb resign kami/perusahaan membuatkan Paklaring masa kerja awal dari tgl 1januari 2015 donk...bener gak?sesuai dengan data yg ada di sistem... Masa pas pencairan di bank minta paklaring yg masuk tgl 1 April 2015. Kenap Jadi bank yg mengatur perusahaan?minta ganti paklaring???padahal selama ini jika pencairan di kantor bpjs TK tdk pernah ada masalah. Harusnya selama bulan kepesertaan bpjs tk masih masuk dalam paklaring/logika ya diproses saja. Kecuali terdaftar peserta bpjsTK januari 2015 saya buatkan paklaring awal kerja april 2015.baru boleh Revisi paklaring .
    Jadi tolonglah bantu kami juga pihak perusahaan,jagan mempersulit karyawan juga harus bolak balik ke perusahaan hanya buat revisi yg sudah jelas2 sesuai data/bener. Ini baru perusahaan saya saja,gimana perusahaan lain...terima kasih.

    ReplyDelete
  2. Mksh mas pngalamannya, saya jg nunggu 2 mnggu lebih blom cair jg berarti hrs dtg lngsng ke kntor bpjsnya klw bgtu, tpi krtu bpjs yg aslinya sma pihak bank gtunya asa ga ada pnya saya,

    ReplyDelete
  3. iya lebih baik dateng ke kantor bpjs aja.. bawa bukti serah terima dokumen dari bank,, kepada petugas bilang saja sudah klaim di bank tpi belum masuk, sekarang mau cek ada kesalahan / kekurangan atau tidak. Dulu katanya ada sms notifikasi ke saya bahwa ada kesalahan data, tapi nyatanya tidak ada sama sekali. Coba cek dulu sms.

    ReplyDelete
  4. Mas kalo aku jg kemaren ngajuin klaim di bank bjb, nah kan aku punya 2 bpjs tuh dikantor yg lama sm kantor yg baru saya resign tp statusnya udh smsm ga aktif ko. Nah sy baru ngajuin yg dikantor lama dulu, kira kira bisa ga ya itu?

    ReplyDelete
  5. Mas kalo aku jg kemaren ngajuin klaim di bank bjb, nah kan aku punya 2 bpjs tuh dikantor yg lama sm kantor yg baru saya resign tp statusnya udh smsm ga aktif ko. Nah sy baru ngajuin yg dikantor lama dulu, kira kira bisa ga ya itu?

    ReplyDelete
  6. @DIJA. Saya pernah dengar dari teman saya, entah itu pengalaman pribadinya atau pengalaman temannya juga saya kurang paham. kalau gak salah tidak bisa di cairkan karena statusnya masih kerja.

    ReplyDelete
  7. Tp pencairan bpjs ketenaga kerjaan makin ribet.masa mesti daptar online dulu,klo ga daptar online ga bisa pasti di suruh pulang.terus daptar online pun susah.daptarin nya pusing.....ngbil hak pun saya pun ribet.dah

    ReplyDelete
  8. daftar online itu pencairan di bank atau di kantor cabang, setahu saya daftar antrian online hanya untuk kantor cabang. Saya juga sudah menulis artikel tersebut dan ada video panduan cara daftar antrian online https://mantan-it.blogspot.com/2019/03/mencairkan-bpjs-ketenagakerjaan.html

    ReplyDelete
  9. Pengajuan tahun 2019 apa masih perlu legalisir kemenaker?

    ReplyDelete
  10. @sam. 2019 sudah gak harus legalisir depnaker

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ke bank gausah legalisir depnaker ? Skrg ?

      Delete
  11. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  12. Hari ini saya ingin mengajukan klaim k kantor cabang bpjs lebak bulus tetap harus daftar online ..Saya searching bank yg bekerja sama ....Sy tanya k BNI tdk bs klaim....Sy jd bingung ...Daftar online / lgsg dtg k kntr cabang bpjs ketenagakerjaan ?

    ReplyDelete
  13. Jadi sekarang tidak perlu ke disnaker buat legalisir ya

    ReplyDelete
  14. Sekarang pengajuan harus daftar antrian online terlebih dahulu. Biasanya bank yang kerjasama bpjs hanya bank cabang utama. Kalau bank cabang pembantu biasanyab tidak kerjasama.

    ReplyDelete
  15. 2019 tidak wajib legalisir disnaker

    ReplyDelete
  16. Tadi saya sudah nyoba antri online terus langsung dapet tapi waktunya terlalu jauh,kira kira bisa ga ya saya klaim lagi misalnya di bank bjb sebelum tanggal antrian yang sudah saya dapat..

    ReplyDelete
  17. repot ya klau tetap hrs daftar online dulu, sedangkan sy sdh daftar online antriannya di bilangnya penuh terus neh utk area cikarang. jd hrs jam berp ya daftar onlinenya.. pagi siang tengah malam sdh di coba neh..

    ReplyDelete
  18. kalau berkas-berkas tidak ada masalah, apakah masih perlu ke kantor BPJS nya?

    ReplyDelete
  19. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  20. Kalo di bank bjb pake prin out kartu bpjs bisa claim gak?
    Soalnya kartu saya hilang
    Please advice

    ReplyDelete
  21. mas admin , kok kartu bpjs saya yg asli di tahan di bank bjb ya , apa emang prosedurnya gitu ya ???

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya prosedurnya memang betu, kartu asli ditahan bjb kemudian diserahkan ke BPJS

      Delete
  22. Kalo kartunya hilang gimna yah cuma punya potocopy nya aja,apa Masi bisa di cairkan

    ReplyDelete
  23. Q:Kalo kartunya hilang gimna yah cuma punya potocopy nya aja,apa Masi bisa di cairkan?? A: Harus di urus terlebih dahulu karena itu adalah salah satu syarat wajib pencairan bpjs (Kartu BPJS Asli)

    ReplyDelete
  24. Q:mas admin , kok kartu bpjs saya yg asli di tahan di bank bjb ya , apa emang prosedurnya gitu ya ???
    A: Ya prosedurnya memang begitu,, kalau gak ditahan nanti kamu cairin lagi dong

    ReplyDelete
  25. Q: Kalo di bank bjb pake prin out kartu bpjs bisa claim gak?
    Soalnya kartu saya hilang
    Please advice
    A: Harus di urus terlebih dahulu ya

    ReplyDelete
  26. Cara daftar online nya gimana ya saya daftar lewat hp gak bisa2 penuh antrian nya katanya...mohon bantuan nya

    ReplyDelete
  27. Mas saya punya kartu bpjs 3 ..
    Ketiganya udah gak aktif..
    Cara daftaar online nya gmn yah ?

    ReplyDelete
  28. yang kesulitan mendapatkan antrian online mimin siap bantu silahkan wa saja ke sini 0857 8259 7294, jangan lupa baca testimoni yang sdah menggunakan jasa mimin disini https://my-blog.my.id/bantuan-antrian-online-pencairan-bpjs/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sory nomor sudah tidak aktif lagi. silahkan hubungi nomor ini ya 0895 3598 64879

      Delete
  29. Mas admin maaf mau tnya, saya klaim BPJS itu tgl 30 Oktober kmrn, tapi hingga hri ini blm ada dana yg masuk, sya lwt bank bjb kmrn. Terhitung hari ini berarti kan sudah 8 hari kerja apakah hrs menunggu hingga 14 hri kerja atw sebaiknya menelpon BPJS nya menanyakan proses klaim tsb ? Soalnya pngalaman tmn hnya 5 hari kerja sudah cair. Terima kasih 🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba datang ke kantor bpjs langsung yang bekerjasama dengan bank bjb tersebut. kalau saya dulu dikarenakan ada perbedaan data, orang bpjs bilangnya sudah tlpn / sms ke saya tapi tidak ada. Langsung saya ke kantor bpjs membawa tanda terima dari BJB. Selesai.. ternyata karena kurang paklaring

      Delete
  30. Kira2 cairin bpjs lwt bank bjb kena potongn brpa ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak kena potong.. cuma kita harus buat tabungan BJB terlebih dahulu

      Delete
  31. Kepada Yth.

    Bapak Asep Jajang



    Terima kasih telah menghubungi layanan BPJS Ketenagakerjaan melalui email care@bpjsketenagakerjaan.go.id.



    Perihal informasi pencairan dana JHT. Untuk pendaftaran peserta BPU (Bukan Penerima Upah) saat pencairan bukan merupakan syarat wajib untuk pencairan.



    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan.



    Silakan menghubungi kami kembali apabila membutuhkan informasi, permintaan atau keluhan lainnya. Atas perhatian dan kerjasamanya kami sampaikan terima kasih.

    Hormat kami,



    Kimmi



    Costumer Service BPJS Ketenagakerjaan:

    E-mail: care@bpjsketenagakerjaan.go.id

    Website: http://www.bpjsketenagakerjaan.go.id

    Call Center: 175 (tarif normal sesuai provider)

    ReplyDelete
  32. Ini saya copas mengenai form BPJS BPU, kemarin saya sampai ribut masalah ini di bank BTN, alhasil tetep harus ke kantor BPJS, dan itu juga masih harus ngotot sama CS dan ketemu managernya.

    ReplyDelete
  33. Saya mau ngajuin claim di bank BNI, paklaring saya di tahan oleh perusahaan asal saya bekerja, klo misalnya pake paklaring palsu, apakah bermasalah atau pihak bank atau bpjstk bakal konfirmasi ma orang HRD asal saya bekerja gk ya. Mohon pencerahan nya. Saya risegn udah 4 bulan.

    ReplyDelete

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter