Monday, February 11, 2019

Mencairkan BPJS Di Bank, Alternatif Pencairan Selain Online



Mencairkan BPJS Di Bank – Ini adalah pengalamanku mencairkan BPJS Ketenagakerjaan. Waktu itu tanggal 07-11-2017 jam 07.30 pagi, saya berangkat ke Bank BJB Balaraja dengan perkiraan waktu 25 menit sampai ke tempat tujuan dan semoga mendapatkan antrian no 1 atau setidaknya dibawah no 5. Aihh jalan macet ternyata semalam abis ujan, sampai Bank BJB lebih jam 08.05 menitan dan antrian Customer Service sudah sampe angka 9 dan saya dapat antrian no 10.

Ketika datang satpam menanyakan maksud kedatanganya ke Bank BJB dan saya jawab untuk melakukan pendaftaran pencairan atau klaim BPJS Ketenagakerjaan. Pak satpam memberikan form klaim BPJS Ketenagakerjaan dan menanyakan apakah sudah punya maps warna merah atau belum? aduhh mana kutahu….. saya pun keluar mencari tempat fotocopy, tambah repot malah karena saya tidak tahu sebelumnya apa aja syaratnya. Ini adalah dokumen-dokumen atau surat yang perlu dibawa jika ingin mencairkan di Bank BJB.

 

SYARAT MENCAIRKAN BPJS DI BANK

  1. Bawa Stopmap warna merah atau biru.
  2. KTP / Surat Domisili Asli dan Fotocopy (Jika anda mempunyai KTP luar daerah buatlah dulu surat keterangan Domisi ke kelurahan).
  3. Kartu BPJS Ketenagakerjaan / Jamsostek Asli dan Fotocopy.
  4. Kartu Keluarga Asli dan Fotocopy.
  5. Surat Pengalaman Kerja / Paklaring Asli dan Fotocopy
  6. Jika anda berhenti kerja setelah tanggal 15 September 2015 maka anda harus mempunyai surat keterangan dari DISNAKER Asli dan Fotocopy.
  7. Buku Tabungan Asli dan Fotocopy (Jika belum punya tabungan maka wajib membuat buku tabungan).
  8. Materai 6.000 dua lembar, jika tidak ada bisa beli disana.
Form Mencairkan BPJS Di Bank
Form Mencairkan BPJS Di Bank
Sambil menunggu antrian saya mengisi form pengajuan pencairan BPJS Ketenagakerjaan. Antrian pengajuan klaim BPJS di bank BJB ternyata lumayan banyak lho dari 10 antrian kurang lebih 8 orang mencairkan BPJS Ketenagakerjaan / Jamsostek. Lama sekali menunggu antrian no 10, bayangkan antrian no 10 aja sampe jam 10:45 siang, bagaiman kalau saya datang ke Bank BJB jam 9. sampai sore kyaknya :).
Oke sekarang saatnya proses di customer service, Serahkan semua dokumen yang sudah saya sebutkan tadi diatas asli dan fotocopy. Customer service akan melakukan pengecekan berkas-berkas dengan sistem komputer yang terhubung dengan data BPJS. Jika ada berkas yang kurang atau ada kesalahan data akan langsung diberitahukan oleh customer service bahwa ada kesalahan. Kita diharuskan melaukan pembetulan terlebih dahulu ke kantor BPJS Terdekat.

      Nahh sekedar informasi jika anda mencairkan BPJS di Bank BJB maka anda wajib mengikuti program BPU BPJS Ketenagakerjaan. Apa itu program BPU???
Pekerja Bukan Penerima Upah (BPU) adalah pekerja yang melakukan kegiatan atau usaha ekonomi secara mandiri untuk memperoleh penghasilan dari kegiatan atau usahanya tersebut yang meliputi : Pemberi Kerja; Pekerja di luar hubungan kerja atau Pekerja mandiri dan Pekerja yang tidak termasuk pekerja di luar hubungan kerja yang bukan menerima Upah, contoh Tukang Ojek, Supir Angkot, Pedagang Keliling, Dokter, Pengacara/Advokat, Artis, dan lain-lain.

Menurut dari customer service program BPU diumpamakan seperti kartu SIM prabayar pada Handphone dengan masa aktif selama 6 bulan. Jadi jika setiap 6 bulan kita bayar BPJS BPU maka kartu BPJS tersebut aktif dan jika setelah 6 bulan dari pembayaran kita tidak melakukan pembayaran lagi maka kartu BPU tersebut tidak aktif lagi. Untuk mengaktikan kembali kartu BPJS BPU yaitu dengan cara melakukan pembayaran kembali atau kata lainya di isi ulang. Untuk lebihnya tentang program BPJS BPU silahkan klik link dibawah ini.

Jika semua proses di customer service sudah selesai maka anda akan mendapatkan sebuah tanda terima dari Bank BJB, Contohnya seperti dibawah ini. Untuk  pencairan kurang kurang lebih 7 hari kerja dan hari sabtu atau minggu tidak dihitung,pulanglah saya semoga tidak ada masalah dalam pencairan BPJS Ketenagakerjaan.

Setelah 7 hari kerja saya cek kok tidak ada transferan ke dari BPJS, saya abaikan mungkin karena banyak yang mengajukan klain kemungkinan mundur minggu depan. Pulang kampunglah saya dulu mumpung ada kesempatan libur, sampai kampung pun saya cek ternyata belum ada transferan juga. Saya masih berpikiran bahwa yang mengajukan banyak dan masih dalam antrian jadi sabar saja. Setelah saya balik dari kampung saya cek juga masih belum ada transferan terhitung sudah 2 minggu sudah dari pengajuan klaim. Saya mencoba melakukan konfirmasi ke bank BJB Balaraja melalui telpon semoga ada informasi yang jelas, tapi ternyata kata petugasnya kita hanya menerima dokumen dan menyetorkan dokumen ke Kator BPJS.

BACA JUGA :
Ayo Segera Cek Data Kartu BPJS TK / Jamsostek Anda, Jangan Sampai Ada Kesalahan Data.

Bank BJB tidak bisa mengecek atau mengetahui sampai mana prosesnya dan saya disarankan untuk melaukan pengecekan manual ke kantor BPSJ Ketenagakerjaan. Kemudian saya mecoba kembali melakukan pengecekan dengan menelpon ke Call Center BPJS di 1500910 dan menanyakan status pengajuan klaim saya sudah sampai mana, tapi ternyata petugas Call Center BPJS juga tidak bisa melakukan pengecekan karena saya pengajuan klaimnya secara manual melalui bank dan disarankan untuk melakukan pengecekan manual ke kantor Bank BPJS terdekat. Dalam kasus saya Bank BJB Cabang Balaraja bekerjasama dengan Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Cikupa.

Okelahh daripada status saya digantung dan tidak ada kejelasajan maka sayapun mendatangani Kantor BPJS Ketenagakerjaan. Jam 8:30 saya sampe di kantor BPJS Cikupa, langsung masuk dan menceritakan kepada satpam yang bertugas di dalam kantor bahwa pengajuan klaim saya belum cair, saya dikasih antrain nomer dan dapat no 10 sedang berjalan no 5.

 Untuk masalah antrian di BPJS Ketenagakerjaan termasuk cepat, jam 9:15an antrian saya dipanggil, saya serahkan bukti penerimaan dari Bank BPJS bahwa klaim belum cair ke petugasnya. Petugas menanyakan terlebih dokumen saya terlebih dahulu KTP Asli, KK Asli dan petugas menayakan juga apakah tidak ada sms pemberitahuan dari BPJS, Saya jawab tidak ada karena memang tidak ada SMS pemberitahuan bahwa berkas saya bermasalah.

Petugas kemudian mencari berkas saya dan memberitahukan bahwa ada berkas yang kurang yaitu paklaring ditempat kerja pertama saya di PT YMMI. Jadi saya pernah bekerja di PT Yamaha Motor Manufacturing Indonesia dan PT Fosta Unggul Perdana selama. Oleh customer service Bank BJB saya cuma dimintakan paklaring terakhir saya yaitu hanya di PT Fosta Unggul Perdana. Petugas BPJS meminta paklaring asli dan fotocopynya. setelah itu saya dikasih semacan print out saldo akhir BPJS saya yang akan di cairkan dan disuruh menunggu 7 hari kerja.
Mencairkan BPJS Di Bank
Print Out Saldo BPJS
Hati tenang sudah semoga tidak ada masalah lagi sehingga uang BPJS cepat cair dan benar saja cuma 3 hari kerja saldo BPJS saya langsung cair dan masuk ke rekening Bank BJB saya. berdasarkan pengalaman saya ini dapat disimpulkan bahwa :

Bank – Bank yang melayani pencairan atau klaim BPJS Ketenagakerjaan fungsinya hanya menerima dokumen, melakukan pengecekan apakah dokumenya lengkap, menyetorkan dokumen ke BPJS yang bekerjasama dengan Bank tersebut dan Bank hanya menerima pencairan dana dari BPJS ke rekening nasabahnya. Jika ada kekurangan atau masalah kita tetap harus melakukan pengecekan manual ke kantor BPJS. 

Semoga tulisan saya ini membantu, silahkan share atau bagikan pengalaman anda yang sudah pernah mencairkan BPJS Ketenagakerjaan baik yang secara online, melalui bank, pencairan secara offline / manual dengan datang lansung ke kantor BPJS terdekat.

Artikel Terkait

Mencairkan BPJS Di Bank, Alternatif Pencairan Selain Online
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

29 komentar

March 31, 2019 at 6:35 AM delete

Hemmm... Kalau gitu jadi kaya 2x kerja yah mas,dan tidak semua bank faham tentang hal2 yg berkaitan dengan ketenagajerjaan...mending langsung ke Kantor Bpjs Ketenagakerjaannya. Saya akan memberikan contoh. Yg sering bikin saya jengkel terhadap bank yg menerima berkas pencairan JHT.
-Beberapa karyawan sy yg sudah reaign yg lebih memilih mencairkan JHT di bank yg ditunjuk/kerjasama dgn bpjsTK.
Sebagai contoh.karyawan masuk kerja diperusahaan 1januari 2015 kemudian setiap perusahaan punya kebijakan yg berbeda,misalkan mendaftarkan karyawannya setelah bekerja selama 3bln,jadi didaftarkan di bulan/awal april 2015 donk...!!! Setelah si karyawan tsb resign kami/perusahaan membuatkan Paklaring masa kerja awal dari tgl 1januari 2015 donk...bener gak?sesuai dengan data yg ada di sistem... Masa pas pencairan di bank minta paklaring yg masuk tgl 1 April 2015. Kenap Jadi bank yg mengatur perusahaan?minta ganti paklaring???padahal selama ini jika pencairan di kantor bpjs TK tdk pernah ada masalah. Harusnya selama bulan kepesertaan bpjs tk masih masuk dalam paklaring/logika ya diproses saja. Kecuali terdaftar peserta bpjsTK januari 2015 saya buatkan paklaring awal kerja april 2015.baru boleh Revisi paklaring .
Jadi tolonglah bantu kami juga pihak perusahaan,jagan mempersulit karyawan juga harus bolak balik ke perusahaan hanya buat revisi yg sudah jelas2 sesuai data/bener. Ini baru perusahaan saya saja,gimana perusahaan lain...terima kasih.

Reply
avatar
May 6, 2019 at 10:32 PM delete

Mksh mas pngalamannya, saya jg nunggu 2 mnggu lebih blom cair jg berarti hrs dtg lngsng ke kntor bpjsnya klw bgtu, tpi krtu bpjs yg aslinya sma pihak bank gtunya asa ga ada pnya saya,

Reply
avatar
May 7, 2019 at 4:09 PM delete

Klu g ad kk asli bs tdk y

Reply
avatar
May 14, 2019 at 6:50 PM delete

iya lebih baik dateng ke kantor bpjs aja.. bawa bukti serah terima dokumen dari bank,, kepada petugas bilang saja sudah klaim di bank tpi belum masuk, sekarang mau cek ada kesalahan / kekurangan atau tidak. Dulu katanya ada sms notifikasi ke saya bahwa ada kesalahan data, tapi nyatanya tidak ada sama sekali. Coba cek dulu sms.

Reply
avatar
May 16, 2019 at 8:49 PM delete

Mas kalo aku jg kemaren ngajuin klaim di bank bjb, nah kan aku punya 2 bpjs tuh dikantor yg lama sm kantor yg baru saya resign tp statusnya udh smsm ga aktif ko. Nah sy baru ngajuin yg dikantor lama dulu, kira kira bisa ga ya itu?

Reply
avatar
May 16, 2019 at 8:49 PM delete

Mas kalo aku jg kemaren ngajuin klaim di bank bjb, nah kan aku punya 2 bpjs tuh dikantor yg lama sm kantor yg baru saya resign tp statusnya udh smsm ga aktif ko. Nah sy baru ngajuin yg dikantor lama dulu, kira kira bisa ga ya itu?

Reply
avatar
May 18, 2019 at 9:30 PM delete

@DIJA. Saya pernah dengar dari teman saya, entah itu pengalaman pribadinya atau pengalaman temannya juga saya kurang paham. kalau gak salah tidak bisa di cairkan karena statusnya masih kerja.

Reply
avatar
May 20, 2019 at 2:35 AM delete

Tp pencairan bpjs ketenaga kerjaan makin ribet.masa mesti daptar online dulu,klo ga daptar online ga bisa pasti di suruh pulang.terus daptar online pun susah.daptarin nya pusing.....ngbil hak pun saya pun ribet.dah

Reply
avatar
May 21, 2019 at 12:10 AM delete

daftar online itu pencairan di bank atau di kantor cabang, setahu saya daftar antrian online hanya untuk kantor cabang. Saya juga sudah menulis artikel tersebut dan ada video panduan cara daftar antrian online https://mantan-it.blogspot.com/2019/03/mencairkan-bpjs-ketenagakerjaan.html

Reply
avatar
May 23, 2019 at 2:55 PM delete

Pengajuan tahun 2019 apa masih perlu legalisir kemenaker?

Reply
avatar
May 27, 2019 at 11:09 AM delete

@sam. 2019 sudah gak harus legalisir depnaker

Reply
avatar
May 28, 2019 at 10:59 AM delete This comment has been removed by a blog administrator.
avatar
June 16, 2019 at 6:12 PM delete

Hari ini saya ingin mengajukan klaim k kantor cabang bpjs lebak bulus tetap harus daftar online ..Saya searching bank yg bekerja sama ....Sy tanya k BNI tdk bs klaim....Sy jd bingung ...Daftar online / lgsg dtg k kntr cabang bpjs ketenagakerjaan ?

Reply
avatar
June 25, 2019 at 4:28 AM delete

Jadi sekarang tidak perlu ke disnaker buat legalisir ya

Reply
avatar
June 28, 2019 at 2:54 AM delete

Sekarang pengajuan harus daftar antrian online terlebih dahulu. Biasanya bank yang kerjasama bpjs hanya bank cabang utama. Kalau bank cabang pembantu biasanyab tidak kerjasama.

Reply
avatar
June 28, 2019 at 2:55 AM delete

2019 tidak wajib legalisir disnaker

Reply
avatar
July 7, 2019 at 10:34 PM delete

Tadi saya sudah nyoba antri online terus langsung dapet tapi waktunya terlalu jauh,kira kira bisa ga ya saya klaim lagi misalnya di bank bjb sebelum tanggal antrian yang sudah saya dapat..

Reply
avatar
Anonymous
July 8, 2019 at 10:12 AM delete

repot ya klau tetap hrs daftar online dulu, sedangkan sy sdh daftar online antriannya di bilangnya penuh terus neh utk area cikarang. jd hrs jam berp ya daftar onlinenya.. pagi siang tengah malam sdh di coba neh..

Reply
avatar
July 9, 2019 at 10:45 AM delete

kalau berkas-berkas tidak ada masalah, apakah masih perlu ke kantor BPJS nya?

Reply
avatar
July 16, 2019 at 12:43 AM delete This comment has been removed by the author.
avatar
July 18, 2019 at 6:14 PM delete

Kalo di bank bjb pake prin out kartu bpjs bisa claim gak?
Soalnya kartu saya hilang
Please advice

Reply
avatar
July 21, 2019 at 9:45 PM delete

mas admin , kok kartu bpjs saya yg asli di tahan di bank bjb ya , apa emang prosedurnya gitu ya ???

Reply
avatar
July 24, 2019 at 9:26 AM delete

Kalo kartunya hilang gimna yah cuma punya potocopy nya aja,apa Masi bisa di cairkan

Reply
avatar
July 25, 2019 at 2:02 AM delete

Q:Kalo kartunya hilang gimna yah cuma punya potocopy nya aja,apa Masi bisa di cairkan?? A: Harus di urus terlebih dahulu karena itu adalah salah satu syarat wajib pencairan bpjs (Kartu BPJS Asli)

Reply
avatar
July 25, 2019 at 2:02 AM delete

Q:mas admin , kok kartu bpjs saya yg asli di tahan di bank bjb ya , apa emang prosedurnya gitu ya ???
A: Ya prosedurnya memang begitu,, kalau gak ditahan nanti kamu cairin lagi dong

Reply
avatar
July 25, 2019 at 2:03 AM delete

Q: Kalo di bank bjb pake prin out kartu bpjs bisa claim gak?
Soalnya kartu saya hilang
Please advice
A: Harus di urus terlebih dahulu ya

Reply
avatar
July 28, 2019 at 5:58 AM delete

Cara daftar online nya gimana ya saya daftar lewat hp gak bisa2 penuh antrian nya katanya...mohon bantuan nya

Reply
avatar
July 31, 2019 at 3:01 PM delete

Mas saya punya kartu bpjs 3 ..
Ketiganya udah gak aktif..
Cara daftaar online nya gmn yah ?

Reply
avatar